Hari Libur Tetap Produktif

BELAJAR BARENG: Salah seorang warga Wanicmekar menemani anak-anaknya belajar di hari libur. Waktu libur kerja dimanfaatkan untuk mengajarkan anak-anaknya membaca dan menggambar sekaligus mengerjakan tugas sekolah.

Temani Anak Belajar

KOTABARU, RAKA – Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengisi kegiatan di waktu hari libur, seperti para orang tua siswa warga Desa Wancimekar yang mengajak anaknya untuk membaca dan menggambar.\

Warga Dusun Krajan, Desa Wancimekar Marhamah (28) mengatakan, hari libur kerja menjadi salah satu moment untuk mendekatkan diri dengan keluarga, khususnya dengan suami dan anak. “Biasanya kalau hari Minggu kaya gini suka maen, jalan-jalan sama anak dan suami,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Minggu (18/10).

Ia menambahkan, meskipun waktu tersebut bisa ia gunakan untuk pergi belanja dan makan-makan di luar, ia lebih memilih mengajak anaknya untuk membuka buku, dan melakukan aktifitas belajar mulai dari belajar, membaca buku dan mengerjakan tugas sekolah yamg belum terselesaikan. “Saya kira dengan mengisi kegiatan belajar bareng anak itu tidak menghilangkan kesenangan kita, apalagi ini lebih mengedukasi dibanding main tidak jelas,” tambahnya.

Marhamah mengaku, kegiatan belajar juga sebagai salah satu cara untuk tetap menjaga semangat anak-anaknya dalam belajar, pasalnya jika satu hari saja tidak belajar, maka keesokan harinya rasa malas akan tumbuh dan mengganggu mental anak. “Jadi kebiasaan atau budaya belajar ini harus kita tanamkan sejak dini, sehingga kegiatan belajar bisa menjadi candu untuk anak kita. Kita juga selaku orang tua harus tegas. Jangan kalah sama anak kita,” akunya.

Sementara itu siswa SDN 1 Wancimekar, kelas V Aira Agustina mengungkapkan, meskipun orang tuanya tidak mengajak dirinya untuk pergi bermain, ia tidak merasa keberatan karena kegiatan belajar bersama orang tuanya juga bisa membuat dirinya bahagia. “Lebih baik di rumah saja, belajar di rumah sama mamah terus dimasakin makan siang juga sama mamah enak,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *