Konsumsi Ikan Air Tawar Sehat

Iin Indriati

Kaya Gizi dan Nutrisi

CIKAMPEK, RAKA – Ikan nila merupakan salah satu jenis hewan air yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain mudah didapat, kandungan gizi dan nutrisinya tidak kalah dengan ikan laut. Kepala UPTD Puskesmas Cikampek Iin Indriati mengatakan, ragam jenis ikan laut dipercaya memiliki ragam manfaat karena kandungan gizi, nutrisi, omega 3 dan omega 6 nya yang tinggi. “Apalagi untuk pertumbuhan otak buah hati kita, tentunya sangat rekomended,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Minggu (12/9).

Meskipun begitu, lanjutnya, mencari ikan laut tentunya tidak mudah dan harus mencari di tempat khusus. Perlu diketahui, kandungan hebat tidak hanya dimiliki oleh jenis ikan laut. “Banyak kok ikan air tawar yang memiliki kandungan baik untuk pertumbuhan otak dan sebagainya,” tambahnya.

Iin mengaku, ikan nila merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memiliki sumber protein yang baik serta rendah kalori dan lemak. Ikan nila mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, vitamin B, dan beberapa mineral, seperti fosfor, selenium, dan potasium. “Kandungan gizi ini juga berpotensi meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit,” akunya.

Masih dikatakannya,dilihat dari habitatnya, ikan nila hidup di rawa yang tidak tersentuh banyak orang, sehingga potensi pencemaran lingkungan lebih rendah, dan memastikan ikan nila lebih higenis. “Apalagi ikan satu ini juga banyak dibudidayakan, sehingga lebih sehat ketimbang ikan laut yang memang potensi pencemaran airnya lebih tinggi,” katanya.

Selain ikan nila, ikan lele juga termasuk ikan kaya manfaat. Ikan air tawar yang menjadi favorit banyak orang ini juga memiliki kandungan seperti protein, asam lemak omega-3 dan omega-6, vitamin B12, dan beberapa mineral, seperti selenium, fosfor, tiamin, dan potasium. “Dan ada juga ikan gabus yang memiliki kandungan mineral khususnya zinc yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh kita,” pungkasnya. (mal)