Matahari Pagi Banyak Manfaat

Perkuat Imun

CIKAMPEK, RAKA – Meningkatkan imunitas tubuh dengan mudah, warga bisa melakukan aktivitas berjemur pagi hari, pasalnya pancaran sinar matahari mampu memberikan ragam manfaat. Kepala UPTD Puskesmas Cikampek dr Iin Indriati mengatakan, matahari menjadi sumber kehidupan bagi mahluk hidup mulai dari tanaman bahkan keberlangsungan hidup umat manusia. “Bisa kita bayangkan apabila alam semesta ini tidak ada sinar matahari, mungkin tidak akan ada kehidupan manusia,” ucapnya kepada Radar Karawang.

Ia menambahkan, sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D sendiri dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. “Nah justru ini yang belum banyak orang ketahui, cuma manfaatnya memang bisa dirasakan, badan seperti lebih ringan kalau habis berjemur,” tambahnya.

Ia mengaku, meski berjemur mampu memberikan sisi manfaat, namun sebaiknya aktivitas berjemur harus dilakukan sebelum memasuki pukul 10.00, serta mencegah paparan sinar matahari dengan kulit. “Karena kalau terlalu berlebih yang ada berpotensi terserang penyakit kanker kulit, maka gunakan baju tertutup dan topi saat berjemur,” akunya.

Ia juga mengajak kepada warga untuk menjadikan aktivitas berjemur sebagai kebutuhan hidup serta selalu menerapkan pola hidup sehat mulai dari pola makan, pola tidur, serta memperbanyak olahraga. “Apalagi hari ini banyak warga yang tumbang seperti batuk pilek dan lain sebagainya. Ayo cintai tubuh kita,” pungkasnya. (mal)