Mengeruk Untung dari Ikan Hias

MELIHAT KONDISI IKAN : Montir yang kini alih profesi sebagai tukang ikan hias, Mahpudin sedang memeriksa kondisi ikan peliharaannya di Dusun Krajan, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru.

KOTABARU, RAKA – Selama pandemi corona ini, banyak hobi baru bermunculan. Semisal tanaman hingga perikanan. Di dunia perikanan, ada beberapa jenis ikan yang sangat digandrungi oleh masyarakat, yaitu ikan cupang dan koi.
Melihat peluang pasar, Mahpudin (48) warga Dusun Krajan, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, banting stir dari montir menjadi pembudidaya ikan hias. Meski baru dimulai dan belum banyak pelanggan yang berdatangan, dia optimis usaha yang digelutinya itu bisa menghasilkan cuan lebih banyak dibanding usahanya di dunia perbengkelan motor. “Usaha di bidang otomotif mulai sepi. Ditambah usia yang cukup tua, jadi sudah tidak kuat lama kalau harus buka bengkel juga,” ucapnya kepada Radar Karawang.

Ia menambahkan, mulai dari hobinya yang bermain ikan hias, ia mulai mencoba membuat kolam dan membudidayakan berbagai macam ikan hias. Mulai dari beberapa jenis ikan cupang, koi, mas koki dan ikan hias berukuran kecil lainnya. “Alhamdulillah walaupun coba-coba, karena punya sedikit bakat di bidang ikan hias, beberapa jenis ikan berhasil saya kembangkan,” tambahnya.
Ia mengaku, meski usaha tersebut baru dia mulai, warga yang memiliki hobi yang sama juga sering berdatangan untuk membeli ikan hias yang berhasil ia kembangkan. “Awalnya cuma beberapa bibit saja, sekarang sudah ribuan, dan banyak warga yang datang katanya mau beli buat diternak juga,” akunya.

Meski pendapatannya belum tinggi, usahanya tersebut membuat dirinya berpikir ikan hias menjadi peluang meyakinkan. “Mudah-mudahan saja kedepannya ada pemerintah yang melihat dan memberikan modal, karena bagaimanapun saya butuh modal untuk membeli bibit unggulan agar hasilnya juga bisa lebih baik lagi, otomatis harga jualnya juga lebih mantap,” pungkasnya. (mal)