Pastikan Tenaga Medis Aman

BILIK STERILISASI : Terlihat seorang tenaga medis saat dilakukan sterilisasi sebelum bertugas. Bilik sterilisasi itu ada di Puskesmas Cikampek.

CIKAMPEK, RAKA – Untuk memberikan keamanan pada tenaga medis saat pelayanan, Puskesmas Cikampek lengkapi Alat Pelindung Diri (APD) dan bilik sterilisasi.

Kepala UPTD Puskesmas Cikampek dr Iin Indriati mengatakan, hampir setiap hari pelayana Puskesmas selalu ramai, tentunya hal itu berpotensi terjadi penyebaran penyakit apagi di tengah bahaya ancaman virus corona. “Ya tentunya ini akan mengancam keselamatan para petugas kami juga, karena akan melakukan interaksi antara pasien dan tenaga medis kita,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Senin (30/3).

Ia menambahkan, untuk menjaga para petugasnya, ia berinisiatif mengadakan APD mulai dari sarung tangan, masker sampai pakaian khusus. “Ya kita sambil beli sendiri, sebenarnya dari dinas juga kita dikasih tapi jumlahnya cuma tiga pasang saja, makannya kita tambah jumlah sesuai jumlah petugas kita,” tambahnya.

Ia mengaku, selain APD, pihaknya juga menyediakan bilik steril yang berfungsi untuk menghilangkan segala virus yang menempel pada pakaian yang dikenakan, setelah itu petugas diarahkan untuk mencuci tangan. Hal itu untuk memastikan bahwa para petugas juga tidak membawa virus saat diperjalanan menuju tempat kerja. “Ya sebisa mungkin kita adakan fasilitas ini, untuk tempat cuci tangan saja saya minta suami saya untuk bantu,” akunya.

Dia juga meminta kepada para petugas untuk tetap waspada saat melakukan pelayanan, meskipun di wilayah Cikampek belum ada yang dinyatakan positif, namun petugas harus tetap mengantisipasi hal tersebut dengan selalu menggunakan APD. “Pokoknya kita sarankan kepada petugas untuk selalu gunakan APD seminimal-minimalnya ya masker, jangan sampai nanti terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *