Pemuda Dilatih Kuasai Desain Grafis dan Perbengkelan

PELATIHAN: Peserta menyimak arahan dari instruktur.

CIKAMPEK, RAKA- Puluhan pemuda dari berbagai kecamatan dilatih keterampilan desain grafis, perbengkelan roda 4 dan servis AC. Wakil Ketua Bidang Koperasi dan UMKM KNPI Karawang, Faizal Muhammad mengatakan, kegiatan ini bekerjaama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang. Peserta dilatih menguasai desain grafis, perbengkelan roda 4, dan servis AC.

Diharapkan, setelah pelatihan ini peserta mampu mengembangkan kemampuan pemuda untuk dapat berwirausaha nantinya. “Untuk peserta pelatihan ada yang dari pengurus kecamatan KNPI dan siswa SMK Pakusarakan. Peserta sebanyak 30 orang, setiap pelatihannya itu diikuti oleh 10 orang peserta,” ujarnya, disela kegiatan pelatihan di SMK Pakusarakan Cikampek, Minggu (5/12).

Peserta, lanjutnya, dilatih untuk mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu seperti cara mencuci dan pemasangan AC. Untuk tindak lanjut pelatihan ini, pihaknya menghimpun peserta pelatihan agar dapat membuka usaha percetakan. “Nantinya dikerjasamakan oleh percetakan yang telah mempunyai mesin cetak, juga sama seperti pelatihan lainnya mereka bisa membuka usaha jasa perbengkelan dan servis AC dikerjasamakan dengan pengusaha terkait,” tambahnya.

Faizal menjelaskan, instruktur pelatihan dari pengusaha percetakan dan guru yang berwirausaha di bidang servis AC dan perbengkelan. Pengembangan peserta akan terus dibina oleh tutor pelatihan yang mereka memang memiliki usaha dibidang tersebut. “Ini juga sebagai penutupan agenda rangkaian Karawang Youth Season DPD KNPI Karawang berkolaborasi dengan Disdikpora. Melalui pelatihan seperti design grafis, perbengkelan dan elektro dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia khusus pemuda. Dan semoga bermanfaat untuk pemuda Karawang,” jelasnya.

Kepada peserta, Faizal berpesan agar memanfaatkan peluang itu untuk masa depan. “Semoga pelatihan ini bermanfaat menjadi bekal pemuda untuk masa depan,” katanya. Menurutnya, bekal ilmu ini dapat dipraktekkan dan berproses menjadi pengusaha muda. Bila ada kendala dengan permodalan bisa dicarikan solusinya bersama. “Mulai merintis dari sekarang, lalu proses hingga menjadi sukses,” pungkasnya. (asy)