Saluran Air Karanggelam Masih Aman

MASIH AMAN: Kondisi air sungai Karanggelam masih normal.

Selokan Tersumbat Sampah

CIKAMPEK, RAKA – Kondisi saluran sungai Karanggelam di Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek masih dinilai aman, hal itu terlihat dari volume air yang cukup rendah. Salah satu warga Desa Dawuan Tengah Ajis M (46) mengatakan, sudah beberapa hari ini curah hujan cukup tinggi, sehingga akan menjadi perhatian bagi warga Dawuan Tengah khususnya di wilayah Perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI) karena luapan sungai Karanggelam. “Karena setiap musim hujan sangat rawan banjir,” ucapnya, saat berbincang dengan Radar Karawang, Minggu (21/11) pagi.

Ia menambahkan, sore kemarin volume air Karanggelam mengalami peningkatan, namun tidak sampai terjadi luapan ke area pemukiman. Adapun beberapa titik pemukiman warga yang mengalami banjir diakibatkan saluran got di pemukiman warga yang terjadi penyendatan akibat banyaknya sampah. “Jadi bukan dari luapan sungai Karanggelam tapi karena solokan rumahnya saja yang mampet,” tambahnya.

Ajis mengaku, luapan sungai Karanggelam akan terjadi apabila debit air di Situ Kamojing mengalami peningkatan karena kiriman dari Purwakarta, namun sejauh ini situ bendungan Situ Kamojing terlihat rendah bahkan belum terlihat tanda-tanda peningkatan volume air. “Kemarin sore juga saya ke sana dan kondisinya masih aman, karena arek Situ Kamojing masih rendah airnya,” akunya. Meskipun begitu, masih dikatakan Ajis, warga harus tetap waspada karena luapan air bisa saja terjadi. “Jika curah hujan terus meningkat yang berpotensi terjadinya di wilayah perumahan BMI,” pungkasnya. (mal)