Eceng Gondok Jatilihur Dibersihkan

BERSIH-BERSIH : Satpolair Purwakarta membersihkan eceng gondok yang menutupi waduk Jatiluhur.

PURWAKARTA, RAKA – Waduk Jatiluhur dipenuhi tanaman eceng gondok. Terlebih saat musim hujan kali ini, tanaman gulma ini kerap tumbuh lebih banyak dan menutupi sebagian areal waduk.

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) yang jatuh pada 1 Desember 2020 mendatang, Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) Polres Purwakarta menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan.

Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana melalui Kasatpolair, Iptu Jajang Sukandar mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polair Polres Purwakarta yang peduli lingkungan dan juga ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT Polairud ke-70 Tahun 2020.

Dijelaskan Jajang, pihaknya membantu membersihkan eceng gondok yang menganggu tersebut. Bersama Unit Wilayah IV PJT II Jatiluhur, Transportasi Sungai Danau dan Penyebrangan (TSDP) Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Purwakarta serta masyarakat sekitar. “Bersama PJT II Jatiluhur, TSDP Provinsi Jawa Barat, TSDP Kabupaten Purwakarta, Satpolair Polres Purwakarta membersihkan eceng gondok di area Waduk Jatiluhur, persisnya di Kampung Baras, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta,” jelas Jajang, saat ditemui disela-sela kegiatan pembersih eceng gondok, Kamis (19/11).

Menurutnya, dengan dilaksanakan pembersihan di waduk Jatiluhur ini diharapkan dapat memperlancar arus air yang mengalir di waduk dan membuat pemandangan waduk Jatiluhur lebih indah. “Keberadaan eceng gondok di permukana waduk Jatiluhur ini menurunkan masuknya cahaya matahari yang berdampak pada turunnya kelarutan oksigen bagi hewan-hewan yang hidup di air, maka dari itu harus dibersihkan,” ucap Jajang.

Selain itu, lanjut dia, eceng gondok yang mati bisa menyebabkan pendangkalan. “Yang jelas setahu saya PJT sudah memesan alat dari Pindad untuk memudahkan pembersihan eceng gondok yang lumayan luas ini,” papar Jajang.

Selain itu, kata Jajang, Pihaknya juga terus gencar melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat yang ada di pesisir Waduk Jatiluhur. “Penerapan protokol kesehatan 3M merupakan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang harus dilaksanakan oleh semua pihak. Dengan adanya kerja sama dari berbagai elemen masyarakat dalam gerakan 3M, Covid-19 yang tengah mewabah ini bisa segera teratasi,” pungkasnya. (gan)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *