13 Karyawan Pupuk Kujang Positif Corona

KARAWANG – Sejak awal munculnya pandemi Covid-19, PT Pupuk Kujang telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebarannya.

Selain program pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara rutin terhadap seluruh karyawan Pupuk Kujang, untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, Pupuk Kujang telah memberikan vaksinasi flu disertai pembagian vitamin dan suplemen kepada seluruh karyawan beserta keluarga secara berkala.

Sebagai anak perusahaan Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kujang terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Covid-19 dengan memperketat aturan protokol kesehatan khususnya bagi karyawan dan keluarga, ataupun pihak-pihak lain yang kesehariannya berada di lingkungan Kawasan Industri Pupuk Kujang Cikampek.

Meski begitu, sebanyak 13 karyawan Pupuk Kujang terkonfirmasi positif corona. Ade Cahya Kurniawan, Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kujang mengatakan, tercatat sebanyak 1.000 karyawan terdata untuk melakukan swab Test sedangkan untuk 3.400 keluarga karyawan dan tenaga alih daya melakukan rapid test. “Terhitung hari Rabu tanggal 9 September 2020, berdasarkan hasil swab test terhadap karyawan, ditemukan tiga belas orang karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, tanpa menunggu lama, para karyawan yang terkonfirmasi positif tersebut langsung dijemput oleh Satgas Covid-19 untuk kemudian dirawat dan ditempatkan di fasilitas isolasi di Rumah Sakit Purwakarta dan RS Ciputra Jakarta. Satgas Covid-19 Pupuk Kujang juga telah melakukan tracing terhadap karyawan dan keluarga karyawan yang diduga melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi, terdapat 329 orang dengan dugaan kontak erat dan kepada mereka langsung dilakukan Rapid Test Antigen dan Antibody. “Sampai berita ini dibuat belum ada yang menunjukkan hasil positif dan semua kontak erat ini sedang menjalani isolasi mandiri,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan perkantoran di beberapa gedung di Kawasan Pupuk Kujang pada hari Kamis 10 September 2020 dihentikan dan kepada karyawan diberlakukan WFH karena dilakukannya proses sanitasi dan sterilisasi di lokasi-lokasi tersebut untuk mencegah kemungkinan penyebaran virus.

Sementara itu juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karawang dr. Fitra Hergiana membenarkan adanya karyawan PT Pupuk Kujang yang terkonfirmasi poitif corona. Ia mengatakan pihaknya langsung melakukan tracing dan memeriksa adanya kemungkinan karyawan lain yang juga tertular. Hal ini dikatakannya agar penularan covid-19 dari kluster tersebut dapat diputus dan tidak meluas. “untuk (PT Pupuk) Kujang ditutup, belum ada informasi,” terangnya singkat saat dihubungi Jumat malam. (din)

Recommended For You

About the Author: Redaksi Radar Karawang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *