Klari Punya TPS Terbanyak

RAPAT : Suasana rapat PPK dan Panwascam Klari dalam membahas Pilkada Karawang.

KLARI, RAKA – Kecamatan Klari menjadi salah satu wilayah yang memiliki TPS terbanyak pada Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020 mendatang. Anggota PPK Klari Dede mengtakan, pada Pilbup Kabupaten 2020, tercatat sebanyak 345 TPS, jumlah tersebut tentunya menjadi jumlah TPS terbanyak di wilayah Kabupaten Karawang. “Untuk kecamatan lainnya di bawah itu jumlahnya,” ucapnya, kepada Radar Karawang, Rabu (23/9).

Ia menambahkan, untuk jumlah DPS saja tercatat sebanyak 125.938 terdiri dari 62.812 laki-laki dan 63.126 perempuan. Namun jumlah tersebut bersifat sementara karena belum dilakukan uji publik DPS. “Karena uji publik ini bertujuan untuk memasukkan data atau hak pilih yang belum tercatat, dan kemungkinan bertambah sih,” tambahnya.

Saat disinggung potensi terjadinya gejolak pada Pilbup nanti, pihaknya menilai, setiap pemilihan, sedikit banyaknya pasti akan terjadi masalah atau gejolak yang dapat menghambat pemilihan. Namun petugas baik dari KPU maupun Bawaslu tentunya akan berusaha dan berupaya untuk mengantisipasi hal tersebut sesuai aturan yang ada. “Kita tidak akan tinggal diam dong, sudah dipastikan sanksi menunggu bagi pelaku yang mencoba merusak hajat besar ini,” paparnya.

Masih dikatakannya, meskipun jumlah TPS dinilai paling banyak, hal itu tidak menjadi beban atau kinerja lebih dibandingkan kecamatan lainnya. “Kecuali kalau Pemilu serentak kaya tahun lalu, itu baru cape karena cukup lama pada penghitungan suara, tapi kalau Pilbup kan cuma beberapa calon saja,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Klari Fahrudin mengungkapkan, pihaknya terus melakukan pengawasan untuk mencegah terjadinya gejolak atau kecurangan, salah satunya dengan menentukan titik atau lokasi TPS di posisi yang netral. “Ya contohnya jauh dari lokasi tempat tinggal calon atau tempat para pendukung, kalau memang ada pelaku yang memang mencoba menghalang-halangi itu ranahnya pihak kepolisian, tentunya kita akan laporkan itu,” pungkasnya. (mal)

Recommended For You

About the Author: Mang Raka

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *