Vaksinasi Covid-19 Makin Mudah

VAKSINASI COVID-19: Warga Desa Walahar, Kecamatan Klari mengikuti vaksinasi Covid-19. Tidak hanya di tingkat kecamatan, vaksinasi Covid-19 juga kini bisa dilakukan di desa.

Bisa Dilakukan di Desa

KLARI, RAKA – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kini tak hanya dilakukan di tingkat kecamatan. Masyarakat dibuat lebih mudah mengakses layanan vakisinasi hingga tingkat desa. Di Desa Walahar, Kecamatan Klari, misalnya, sudah empat hari terakhir aparat desa menggelar vaksinasi untuk warganya.

Kegiatan dilaksanakan di halaman kantor desa. Petugas posyandu di Desa Walahar Saripah mengatakan, pelayanan vaksinasi sudah dilaksanakan sejak beberapa hari lalu di halaman kantor desa. “Hari ini sudah hari keempat pelayanan vaksinasi,” ucapnya saat berbincang dengan Radar Karawang, Jumat (17/9).

Dia menambahkan, antusiasme warga dalam mengikuti vaksinasi di wilayah Walahar cukup baik. Dalam sehari, delapan ratus warga telah dilakukan vaksinasi yang terdiri dari usia remaja, dewasa, sampai lansia. “Karena pelayanan ini memang dibuka untuk usia umum,” tambahnya.

Dikatakannya, pada bulan September ini stok vaksin yang didistribusikan oleh dinas kesehatan cukup melimpah. Bahkan stok vaksin untuk Walahar masih tersisa dan harus menunggu warga yang belum melakukan vaksinasi. “Paling nanti minta bantuan sama ketua RT untuk mendorong warga melakukan vaksinasi. Jangan sampai menunggu stok vaksin habis lagi,” ujar wanita paruh baya itu.

Pada bagian lain, Kepala Desa Walahar Adi Supriadi mengungkapkan, masyarakat harus menilai bahwa vaksinasi yang saat ini gencar dilakukan oleh pemertintah bukan sekedar menangkal virus Covid-19. Melainkan dapat juga meningkatkan imunitas tubuh dari serangan penyakit lainnya. “Apalagi saat ini mulai memasuki musim hujan yang bisa saja berbagai virus, bakteri dan penyakit lainya menyerang imunitas tubuh,” ujar kades termuda di Klari ini.

Dia juga mengingatkan warga untuk segera melaksanakan vaksinasi, karena beberapa petugas posyandu juga masih menunggu warga untuk melakukan pendaftaran yang akan dilaksanakan keesokan harinya. “Jadi selain membuka pelayanan, kita juga sudah mempersiapkan pendaftaran untuk calon warga yang akan divaksin hari berikutnya,” pungkasnya. (mal/asy)