Gerakan Pramuka Pangkalan, SMP Pupuk Kujang Ingin Cetak Generasi Emas

LATIHAN: Anggota SMP Pupuk Kujang antusias mengikuti latihan pramuka di sekolah

CIKAMPEK, RAKA – Dalam membentuk generasi Indonesia emas di masa yang akan datang, SMP Pupuk Kujang bentuk program Gerakan Pramuka Pangkalan.
Ketua Gugus Depan Putra Achmad Ferdiyan Rustandi mengatakan, kegiatan pramuka sebagai salah satu wahana pengembangan bagi para generasi muda Indonesia, Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi yang tangguh, berbudi luhur dengan mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air yang lebih ditujukan pada setiap kegiatannya. “Tentunya sangat besar dampaknya untuk membentuk generasi emas,” ucapnya, kepada Radar Karawang. Rabu (18/1)
Ia menambahkan, pada kegiatan pramuka nanti difokuskan pada pembentukan karakter seperti belajar keterampilan tali temali, belajar keterampilan pertolongan pertama gawat darurat, belajar ketangkasan pionering, belajar keterampilan Morse dan semaphore, belajar keterampilan membanca sandi pramuka, belajar penjelajahan dengan tanda jejak, belajar kegiatan pengembara, belajar keterampilan baris-berbaris, belajar keterampilan menentu arah. “Kegiatan ini menjadi dasar yang harus siswa kuasai saat di kepramukaan,” tambahnya.
Ia mengaku, melalui kegiatan kepramukaan tersebut sedikit banyaknya akan mengubah siswa, apalagi sekolah juga memiliki target membentuk siswa yang religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tau, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab. “Disadari atau tidak semua karakter ini akan menjadi bekal siswa setelah lulus sekolah nanti,” akunya.
Pihaknya berharap, program yang sudah dibentuk ini bisa meningkatkan kemampuan siswa-siswi SMP Pupuk Kujang serta dapat menjadi wadah berekpresi para siswa dalam berprestasi sehingga menjadi kebanggan orang tua dan masa depan generasi anak bangsa. (mal)

Tinggalkan Balasan