Pegawai Puskesmas Wajib Ramah
PURWAKARTA, RAKA – Dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Unit Pembantu Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Purwakarta menerapkan Senyum, Sapa, Ramah dalam melayani pasien.
Kepala UPTD Puskesmas Purwakarta Dr Anno mengatakan, hal tersebut bagian langkah untuk mengedepankan aspek layanan paripurna kepada masyarakat. Karena menurutnya aspek nurani yang harus dikedepankan, salam memberikan layanan kesehatan pada masyarakat. “Ingin memberikan kenyamanan pada masyarakat yang berobat, selain fasilitas yang ramah, SDM pun harus ramah juga,” katanya.
Ia juga mengatakan, jika ada masyarakat yang komplain terkait pelayanan dari pihak Puskesmas, apabila kedapatan dalam memberikan pelayanan terkesan judes atau tidak ramah. “Pegawai harus ramah pada masyarakat. Kalau masih ada yang judes, Dinas Kesehatan akan memberikan pembinaan,” katanya.
Salah satu warga Kelurahan Sindang Kasih Aripin mengatakan, pihaknya merasa tidak diberikan pelayanan yang tak ramah apabila hendak berobat ke Puskesmas Purwakarta. “Nggak, biasa aja. Judes juga nggak. Kalau dibilang ramah ya, saya pikir itu ramah, cuman dalam hal ini tidak ada bahasa yang menyudutkan malahan dimotivasi untuk hidup sehat dan tak cemas ketika sakit,” pungkasnya. (ris)